Persyaratan Keanggotaan

PERSYARATAN UNTUK MENJADI ANGGOTA
HIMPUNAN DESAINER INTERIOR INDONESIA

 

1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang mempunyai surat keterangan izin tinggal tetap (kitap)

2. 
Sehat jasmani dan rohani

3. 
Mendapat rekomendasi dari 2 (dua) Anggota Biasa.

4. 
Melampirkan foto copy dari :

a.    Ijazah Terakhir

b.    Kartu Tanda Penduduk

c.     Surat keterangan dari perusahaan tempat bekerja atau surat referensi dari Pemberi Tugas.

d.    SPK (Surat Perintah Kerja)

5. Membayar Biaya Keanggotaan :

a. Pendaftaran Rp. 100.000,-

b. Uang pangkal        Rp. 150.000,-

c. Iuran anggota per tahun :      

     1. Profesional Rp. 180.000,-

     2. Mahasiswa Rp. 120.000,-

d. Buku Pedoman Hubungan Kerja       Rp. 100.000,-

    Antara Desainer Interior Dan

    Pemberi Tugas.

e. Buku Pedoman Aturan Penghargaan dan Rp.   50.000,-

    Pedoman Penyelenggaraan Sayembara

    Desain Interior

f. Kartu Anggota Rp. 100.000,-


Keuntungan kartu anggota :

1.    Perlindungan kecelakaan diri dengan santunan sampai sebesar Rp.10.000.000,- dengan   biaya    pengobatan     akibat   kecelakaan   sebesar Rp. 1.000.000,- per tahunnya.

2.    Penawaran menarik berupa diskon, penawaran spesial, tiket seminar gratis, promosi dan fasilitas istimewa di berbagai hotel, restoran, rumah sakit, apotik, klinik, bengkel, salon dan merchant lainnya yang tersebar, dapat diakses melalui link : http://www.simascard.com/home.htm.

 

PERORANGAN

SYARAT MENJADI ANGGOTA

Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang memiliki surat keterangan ijin tinggal di Indonesia.

Mengajukan permohonan untuk menjadi anggota kepada pengurus Daerah atau pengurus Nasional/Pusat (bagi Daerah yang belum memiliki cabang) dengan mengisi formulir (link to download formulir, pdf.) serta melampirkan :

  • Fotocopy ijasah
  • Fotocopy KTP / Surat ijin tinggal (bagi WNA)
  • Surat rekomendasi dari 2 anggota biasa
  • Surat keterangan pengalaman kerja Surat keterangan dari Perguruan Tinggi (bagi Mahasiswa)

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Download (link to download formulir, pdf.) formulir pendaftaran, atau hubungi (link to menu hubungi) sekretariat Pengurus Daerah terdekat sesuai domisili Anda untuk mendapatkan formulir.
  2. Isi formulir beserta dengan lampiran yang dibutuhkan secara lengkap.
  3. Membayar biaya pendaftaran anggota sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) yang dilakukan melalui transfer atau setor tunai ke masing-masing rekening bank sekretariat Pengurus Daerah yang dituju.
  4. Lihat lampiran pada formulir untuk nomor rekening bank. Konfirmasikan segera biaya pendaftaran tersebut melalui fax ke alamat (link to menu hubungi) sekretariat Pengurus Daerah yang dituju.
  5. Kirim formulir beserta dengan lampiran dan bukti setor biaya pendaftaran yang asli melalui pos ke alamat (link to menu hubungi) sekretariat Pengurus Daerah terdekat yang sesuai dengan domisili Anda. Formulir beserta dengan lampiran dan uang biaya pendaftaran yang telah dikirimkan tidak akan dikembalikan jika pendaftar tidak disetujui pendaftarannya sebagai anggota.
  6. Jika pendaftaran keanggotaan disetujui, Pengurus Daerah akan memberitahukan hal tersebut melalui pos atau email ke alamat Anda. Pastikan alamat Anda benar dan lengkap, serta Anda mendaftar ke sekretariat terdekat yang sesuai dengan domisili Anda.
  7. Setelah keanggotaan Anda disetujui, Anda diwajibkan untuk membayar Uang Pangkal Anggota sebesar Rp. 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) sekali bayar selama menjadi anggota, dan Iuran Anggota sebesar Rp. 180.000,- (seratus delapan puluh ribu rupiah) yang dibayarkan setiap tahunnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer atau setor tunai nomor rekening bank yang tercantum pada lampiran formulir.

KRITERIA ANGGOTA

Anggota biasa

  • Berijasah S1 desain interior dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang desain interior.
  • Berijasah D3 desainer interior dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang desain interior.
  • Berijasah S1 Arsitektur dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang desain interior.

Anggota muda

  • Berijasah S1 desain interior/arsitektur dan D3 desain interior yang belum berpengalaman sesuai ketentuan.

Anggota Afiliasi

  • Perorangan yang bergerak di bidang keahlian yang menunjang profesi desainer interior.

Anggota Mahasiswa

  • Mahasiswa Desain Interior minimal duduk di semester IV.

PROSES PENERIMAAN DAN PENGANGKATAN ANGGOTA

Penerimaan Anggota Biasa dan Luar Biasa.

  1. Pemohon mengajukan Surat Permohonan, dengan mengisi formulir (link to download formulir, pdf.) serta syarat-syaratnya kepada Pengurus Daerah/Cabang.
  2. Pengurus Daerah/Cabang mengecek kelengkapan serta kebenaran data-data pemohon.
  3. Pengurus Daerah/Cabang memberikan Rekomendasi dan mengirim data-data pemohon ke Pengurus Nasional/Pusat.
  4. Pengurus Nasional/Pusat mengecek ulang kelengkapan serta kebenaran data-data pemohon yang diajukan oleh Pengurus Daerah/Cabang.
  5. Dengan mempertimbangkan Rekomendasi dari Daerah/Cabang, Pengurus Nasional/Pusat menentukan Status Keanggotaan pemohon.
  6. Keputusan penerimaan keanggotaan dikeluarkan Pengurus Nasional/Pusat selambat-lambatnya 2 (dua) Minggu setelah Surat Permohonan diterima secara lengkap.

Pengangkatan Anggota Kehormatan

  1. Pengurus Daerah / Nasional/Pusat dapat mengajukan Calon yang akan diusulkan menjadi anggota Kehormatan sesuai dengan Kriteria, yang akan ditentukan kemudian oleh Dewan Majelis, kepada Pengurus Nasional/Pusat.
  2. Pengurus Nasional/Pusat menyampaikan Daftar calon-calon tersebut kepada Dewan Majelis untuk dinilai / diseleksi.
  3. Pengesahan dan Pengangkatan Anggota Kehormatan dilakukan dalam Forum Kongres.

HAK-HAK ANGGOTA

  1. Seluruh anggota berhak mendapat pelayanan dari perhimpunan, mengikuti kegiatan, mengeluarkan pendapat, mengajukan usul atau pertanyaan lisan dan tertulis kepada Pengurus, memperoleh Kartu Tanda Anggota dan membela diri di hadapan Dewan Majelis atas sanksi-sanksi organisasi yang diterimanya.
  2. Khusus untuk anggota biasa, berhak untuk memilih dan dipilih sebagai Pengurus, Dewan Majelis atau Badan-badan yang dibentuk Himpunan baik yang khusus (Ad.Hoc) maupun yang permanen serta berhak mengajukan permohonan untuk memperoleh Sertifikat Keahlian.
  3. Hak sebagai anggota perhimpunan tidak dapat diserahkah kepada siapapun dengan alasan apapun juga.

KEWAJIBAN ANGGOTA

  1. Seluruh anggota wajib mentaati dan menegakkan Kode Etik dan Kaidah Tata Laku Profesi.
  2. Kecuali Anggota Kehormatan dan Majelis Kehormatan wajib membayar Uang Pangkal dan Iuran anggota sesuai ketentuan.
  3. Memberikan keterangan yang sesungguhnya (bila diperlukan) Majelis dalam menegakkan Etika Profesi.

TANGGUNG JAWAB ANGGOTA

  1. Didalam menjalankan profesinya setiap anggota bertanggung jawab atas kepentingan masyarakat serta terciptanya lingkungan yang berkelanjutan.
  2. Di dalam melayani masyarakat pengguna jasa, setiap anggota bertanggung jawab didalam mengembangkan kepercayaan serta penghargaan masyarakat terhadap profesi Desainer Interior.
  3. Terhadap Pemberi Jasa dalam hal kecelakaan yang diakibatkan desainnya.

BERAKHIRNYA KEANGGOTAAN

Keanggotaan Perhimpunan dapat berakhir, karena:

Meninggal dunia, yang dengan sendirinya keanggotaanya serta seluruh Hak, Kewajiban serta Tanggung jawabnya dianggap berakhir.

Mengundurkan diri atas kemauan sendiri. Permintaan pengunduran diri harus tertulis kepada Pengurus Nasional/Pusat melalui Pengurus Daerah / Cabang. Segala kewajiban sebagai anggota sampai berakhirnya keanggotaan harus diselesaikan terlebih dahulu sesuai ketentuan organisasi. Berakhirnya keanggotaan berlaku sejak diterbitkannya S.K. mengenai hal tersebut.

Diberhentikan karena :

  • Melakukan perbuatan melanggar Kode Etik dan Kaidah Tata Laku Profesi.
  • Melakukan perbuatan yang mencemarkan, merugikan atau merendahkan nama baik perhimpunan.
  • Melalaikan tanggung jawab sebagai anggota perhimpunan.

Proses Pemberhentian :

Usul pemberhentian disampaikan melalui Dewan Kode Etik kepada Pengurus Nasional/Pusat. Pengurus Nasional/Pusat mengeluarkan Surat Pembekuan Hak keanggotaan kepada anggota yang bersangkutan. Dalam kurun waktu 14 (empatbelas) hari sejak surat dikeluarkan, anggota yang dibekukan haknya dapat melakukan pembelaan diri dihadapan Forum Majelis yang diadakan khusus untuk hal itu. Setelah mendengarkan pembelaan diri dari anggota yang bersangkutan, maka Dewan Majelis akan memutuskan :

  1. Anggota yang bersangkutan tidak bersalah sehingga Pengurus Nasional/Pusat wajib merehabilitasi nama anggota yang bersangkutan dan memulihkan kembali hak-hak keanggotaannya dalam waktu 14 (empatbelas) hari terhitung sejak tanggal keputusan Dewan Majelis.
  2. Anggota yang bersangkutan dinyatakan bersalah, maka Dewan Majelis akan mengukuhkan keputusan pemberhentian dari Pengurus Nasional/Pusat sebagai keputusan yang telah final dan mengikat.

PENGGUNAAN NAMA DAN ATRIBUT PERHIMPUNAN

(1) Sebutan HDII di belakang nama anggota hanya digunakan oleh Anggota Biasa Perhimpunan yang telah memiliki Sertifikat Keahlian (link to menu sertifikasi anggota) (SKA), selama masa berlakunya Sertifikat tersebut.

(2) Sertifikat Keahlian (SKA) berlaku selama 2 (dua) Tahun, dan dapat diperpanjang lagi setiap 2 (dua) Tahun sesuai ketentuan yang diatur dalam Buku Pedoman Sertifikasi.

(3) Nama, Logo dan Atribut Perhimpunan dapat digunakan oleh Pengurus Nasional/Pusat dan Daerah untuk kepentingan Perhimpunan selama tidak bertentangan dengan Etika Organisasi serta tidak merugikan / merendahkan nama baik Perhimpunan

 

 

Share This :